Definisi food and beverage service
Definisi food and beverage service
Makanan & minuman industri biasanya didefinisikan oleh itu produk keluaran, untuk memenuhi berbagai tuntutan dari makanan & minuman orang. Tapi tidak termasuk pembuatan makanan & minuman dan ritel tersebut. Dalam dunia sekarang ini, industri jasa makanan & minuman telah berkembang banyak dan sekarang-a-hari, sesuai perhitungan itu melayani lebih dari 100 juta kali makan per hari. Hal ini telah menyebar di semua lapisan kehidupan-dari. Hotel, restoran, kantin industri, kantin rumah sakit, kereta api, saluran udara, semua kini menjadi bagian dari industri jasa makanan & minuman.
Fungsi dasar dari industri ini adalah untuk melayani makanan & minuman untuk orang, untuk memenuhi berbagai jenis kebutuhan mereka. Tujuan utama adalah untuk mencapai kepuasan pelanggan. Kebutuhan pelanggan yang mungkin akan berusaha untuk memuaskan adalah:
Makanan & minuman industri biasanya didefinisikan oleh itu produk keluaran, untuk memenuhi berbagai tuntutan dari makanan & minuman orang. Tapi tidak termasuk pembuatan makanan & minuman dan ritel tersebut. Dalam dunia sekarang ini, industri jasa makanan & minuman telah berkembang banyak dan sekarang-a-hari, sesuai perhitungan itu melayani lebih dari 100 juta kali makan per hari. Hal ini telah menyebar di semua lapisan kehidupan-dari. Hotel, restoran, kantin industri, kantin rumah sakit, kereta api, saluran udara, semua kini menjadi bagian dari industri jasa makanan & minuman.
Fungsi dasar dari industri ini adalah untuk melayani makanan & minuman untuk orang, untuk memenuhi berbagai jenis kebutuhan mereka. Tujuan utama adalah untuk mencapai kepuasan pelanggan. Kebutuhan pelanggan yang mungkin akan berusaha untuk memuaskan adalah:
1.
Fisiologis: kebutuhan makanan khusus
2.
Ekonomi: kebutuhan untuk nilai terbaik untuk harga yang
dibayarkan
3.
Sosial: suasana yang bersahabat, terus terang
mengungkapkan perasaan
4.
Psikologis: kebutuhan untuk meningkatkan harga diri
5.
Kenyamanan: keinginan orang lain untuk melakukan
pekerjaan.
Kebutuhan ini memainkan
berbagai peran besar untuk menentukan faktor, bertanggung jawab untuk
menentukan berbagai jenis metode layanan di makanan & minuman industri
jasa.
Food and beverage service adalah "food
flow" (dari
pembelian makanan(purchasing) untuk layanan kepada pelanggan) terutama berkaitan
dengan pengiriman dan penyajian makanan untuk pelanggan, setelah selesainya
produksi pangan. Kadang-kadang, melibatkan transportasi jika ada pemisahan
fasilitas produksi dan pelayanan.
Pelayanan makanan dan minuman
dapat dilakukan dengan berbagai cara tergantung pada sejumlah faktor:
1. Jenis
pendirian
2. Jenis
pelanggan yang akan dilayani
3. Waktu
yang tersedia untuk makan
4. Omset
pelanggan diharapkan
5. Jenis
menu yang disajikan
6. Biaya
makan dilayani
7. Situs
pendirian
Makanan & minuman layanan
dapat dilihat dari sudut pandang pelanggan. Pada dasarnya, pelanggan memasuki
pelayanan makanan daerah, perintah atau memilih / nya pilihannya dan kemudian
disajikan (pelanggan dapat membayar baik pada saat ini atau nanti). Makanan dan
minuman kemudian dikonsumsi, berikut ini yang area tersebut dibersihkan. Secara garis
besar kita dapat mengkategorikan metode layanan dalam lima jenis:
1.
Tabel
service
2.
Assisted service
3.
Self
service
4.
Single
point service
5.
Speciallised
service
1.
Table
service
Dalam kategori ini, tamu masuk
di daerah tersebut dan duduk. Menu daftar
diberikan atau ditampilkan untuk pesanan. Perintah yang telah diambil oleh pelayan / ess. Kemudian layanan ini dilakukan penutup diletakkan di atas meja. Berikut ini adalah jenis layanan datang dalam kategori ini:
diberikan atau ditampilkan untuk pesanan. Perintah yang telah diambil oleh pelayan / ess. Kemudian layanan ini dilakukan penutup diletakkan di atas meja. Berikut ini adalah jenis layanan datang dalam kategori ini:
a.
English
service: sering disebut sebagai "layanan host" karena tuan rumah
memainkan peran aktif dalam pelayanan. Makanan dibawa pada piring-piring oleh
pelayan dan ditampilkan ke host untuk persetujuan. Pelayan kemudian tempat
piring-piring di atas meja. Tuan rumah baik porsi makanan ke piring tamu
langsung atau porsi makan dan memungkinkan pelayan untuk melayani. Untuk melengkapi
makanan tamu pelayan kemudian dapat mengambil piring sekitar untuk tamu untuk
membantu diri mereka sendiri atau dilayani oleh pelayan.
b.
French
service: ini adalah layanan yang sangat personal. Makanan dibawa
dari dapur di piring dan salvers, yang ditempatkan langsung di atas meja. Pelat
disimpan dekat piring dan para tamu membantu diri mereka sendiri.
c.
Silver
service: tabel ini ditetapkan untuk hors d'oeuvres, sup,
hidangan utama dan hidangan manis dalam sterling perak. Bantuan ini porsi ke
piring-piring perak di dapur sendiri, yang ditempatkan di bufet dengan pembakar
atau hot plate untuk menjaga hangat makanan di restoran. Pelat ditempatkan
sebelum tamu. Pelayan kemudian mengambil piring dari piring panas dan
menyajikan hidangan ke host untuk persetujuan. Dia melayani tamu menggunakan
sendok dan garpu layanan. Semua makanan disajikan di piring perak dengan saus
rumit.
d.
American
service: layanan amerika adalah layanan pra berlapis, yang
berarti bahwa makanan disajikan ke piring tamu di dapur sendiri dan dibawa ke
tamu. Dapur menentukan lebih dahulu bagian dan iringan disajikan dengan piring
menyeimbangkan seluruh presentasi dari segi gizi dan warna. Layanan jenis ini
umumnya digunakan di warung kopi di mana layanan dituntut untuk cepat.
e.
Rusian
service: sebuah layanan perak rumit banyak di garis pelayanan
prancis kecuali bahwa makanan porsi dan diukir oleh pelayan di troli gueridon
di restoran di hadapan para tamu. Tampilan dan presentasi adalah bagian utama
dari layanan ini. Prinsip yang terlibat adalah memiliki seluruh sendi, unggas,
dan ikan permainan rumit berpakaian dan hiasi, disajikan kepada tamu dan diukir
dan porsi oleh pelayan.
Disebut sama dikarenakan bahasa, dari segi pelayanan rusia dan risjtaffel
disamakan.
f.
Gueridon service:
ini adalah layanan di mana piring datang sebagian dibuat dari dapur akan
selesai di restoran oleh pelayan atau, ketika makanan lengkap dimasak di
tableside di restoran. Memasak dilakukan pada sebuah troli gueridon, yang
merupakan troli mobile dengan tabung gas dan kompor. Pelayan memainkan bagian
penting, seperti yang diperlukan untuk fillet, mengukir, flambé dan menyiapkan
makanan dengan kecakapan memainkan pertunjukan. Pelayan harus memiliki
ketangkasan dan keterampilan.
g.
Snack-bar service:
tinja tinggi ditempatkan di sepanjang counter sehingga tamu dapat makan makanan
di counter itu sendiri. Dalam perusahaan yang lebih baik, selimut diletakkan di
meja itu sendiri. Makanan ini baik ditampilkan di belakang meja untuk para tamu
untuk memilih dari, atau terdaftar di kartu menu atau papan umum.
2.
Assist
service
Dalam jenis kategori, tamu
masuk di ruang makan dan membantu dirinya untuk mendapatkan makanan, baik dari
meja prasmanan atau dia mungkin akan dilayani sebagian di meja oleh pelayan /
ess dan kebutuhan tambahan yang akan dikumpulkan dari meja sendiri. Konsumsi dapat
dilakukan di kedua di meja, berdiri atau di area lounge / ruang perjamuan.
Buffet service: sebuah swalayan, di mana makanan yang ditampilkan pada
tabel. Tamu mengambil piringnya dari stack pada akhir setiap tabel atau
permintaan pelayan di belakang meja prasmanan untuk melayani dia. Untuk duduk-down
layanan prasmanan, meja diletakkan dengan barang pecah-belah dan peralatan
makan seperti di restoran. Tamu dapat melayani dirinya sendiri di meja
prasmanan dan kembali
makan di meja tamu ditata. Pelayan dapat melayani beberapa kursus seperti makanan pembuka dan sup di meja.
makan di meja tamu ditata. Pelayan dapat melayani beberapa kursus seperti makanan pembuka dan sup di meja.
3.
Self
service
Dalam jenis layanan, tamu masuk
di daerah dinning, memilih baki sendiri dari meja makan dan membawa makanan
sendiri ke layanan place.cafeteria nya tempat duduk: layanan ini biasanya ada
di kantin industri, perguruan tinggi, rumah sakit atau kafetaria hotel . Untuk memfasilitasi
layanan cepat, menu tetap dan ditampilkan pada papan besar. Tamu mungkin harus
membeli kupon di muka, sekarang mereka pada pelayan kontra yang kemudian
berfungsi item yang diinginkan. Kadang-kadang makanan yang ditampilkan di
belakang meja dan para tamu dapat menunjukkan pilihan mereka untuk petugas
counter. Makanan disajikan pra berlapis dan peralatan makan yang diserahkan
langsung kepada tamu. Para tamu kemudian dapat duduk di meja dan kursi yang
disediakan oleh pembentukan. Kadang-kadang tabel tinggi dilengkapi dimana para
tamu dapat berdiri dan makan.
4.
Single point service
Dalam kategori ini, perintah
tamu, membayar pesanan dan mendapatkan disajikan di
tunggal titik. Mungkin ada mungkin tidak setiap area dinning atau kursi-out. Berbagai jenis adalah:
take away: pesanan nasabah dan disajikan dari titik, di stand counter, menetas atau snack; pelanggan mengkonsumsi dari tempat itu.
tunggal titik. Mungkin ada mungkin tidak setiap area dinning atau kursi-out. Berbagai jenis adalah:
take away: pesanan nasabah dan disajikan dari titik, di stand counter, menetas atau snack; pelanggan mengkonsumsi dari tempat itu.
a. Vending:
penyediaan pelayanan makanan dan pelayanan minuman dengan cara ritel otomatis.
b. Kios:
outstation untuk memberikan layanan untuk permintaan puncak atau di lokasi
tertentu (mungkin terbuka bagi pelanggan untuk memesan atau digunakan untuk
pengisian saja)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar